duhai ayah bunda, jangan bicara moral jika engkau tidak sholat

9 Aug

duhai ayah bunda, ketahuilah,
bila kita ingin berhasil dalam mendidik anak maka hendaknya pertama kita mendidik diri kita sendiri dengan komitmen terhadap ajaran Islam yang berkaitan dengan pendidikan dan sunnah nabi. Karena Beliaulah manusia teladan dan paling terbaik serta utama bagi orang tua dan pendidik serta seluruh kaum muslimin.
duhai ayah bunda, ketahuilah,
Takwa merupakan kekayaan hakiki yang harus dimiliki oleh setiap para pendidik untuk diwariskan kepada anak cucunya, diajarkan dan ditanamkan kepada mereka serta menjadi perhatian paling utama dan serius bagi seluruh orang tua. Allah Subhanahu wa Ta’ala telah memberikan kepada kita tanggung jawab untuk memelihara anak-anak kita dari api neraka sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Ta’ala.
يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا قُوا أَنفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلآئِكَةٌ غِلاَظٌ شِدَادُُ لاَّيَعْصُونَ اللهَ مَآأَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَايُؤْمَرُونَ
Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkanNya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan. [At Tahrim : 6].
Duhai ayah bunda, ketahuilah,
Keshalihan kedua orang tua memberi pengaruh kepada anak-anaknya. Bukti pengaruh ini bisa dilihat dari kisah Nabi Khidhir yang menegakkan tembok dengan suka rela tanpa meminta upah, sehingga Musa menanyakan alasan mengapa ia tidak mau mengambil upah di surat (al-Kahfi/18:82).
duhai ayah bunda, ketahuilah,
Agama Islam adalah agama yang benar, Allah Subhanahu wa Ta’ala menjanjikan kemenangan kepada orang yang berpegang teguh kepada agama ini dengan baik, namun dengan syarat mereka harus mentauhidkan Allah, menjauhkan segala (bentuk) perbuatan syirik, menuntut ilmu syar’i, dan mengamalkan amal yang shalih. Bahkan islam telah mengatur hal-hal yang paling kecil hingga yang paling besar.
sebagaimana Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
هُوَ الَّذِي أَرْسَلَ رَسُولَهُ بِالْهُدَىٰ وَدِينِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّينِ كُلِّهِ وَلَوْ كَرِهَ الْمُشْرِكُونَ
“Dia-lah yang mengutus Rasul-Nya (dengan membawa) petunjuk (Al-Qur-an) dan agama yang haq (benar), untuk dimenangkan-Nya atas segala agama, walaupun orang-orang musyrik tidak menyukainya.” [At-Taubah: 33]
Adapun contoh dari aturan yg paling kecil adalah bagaimana seorang muslim diperintahkan membaca doa masuk ke wc, mendahulukan kaki kiri ketika memasukinya dan semisalnya.
Agama yang mulia ini memerintahkan untuk berbuat jujur dan melarang bersikap bohong. Jujur dan Bohong bagian dari akhir perjalanan seseorang. Jujur membawanya ke surga dan Bohong membwanya ke neraka. Alloh sudah menetapkan dedengkot pembohong diantaranya meninggalkan sholat, bahkan meremehkannya.
1. ٱلَّذِينَ هُمْ عَن صَلَاتِهِمْ سَاهُونَ
Maka celakalah orang yang sholat,(yaitu) orang-orang yang lalai terhadap sholatnya,(surat Al Maun:4-5)
2. مَا سَلَكَكُمْ فِي سَقَرَ قَالُوا لَمْ نَكُ مِنَ الْمُصَلِّينَ
“Apakah yang menyebabkan kalian masuk ke dalam neraka saqor, mereka menjawab, kami dahulu tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan sholat.” (Surat Al-Mudatsir(74):42-43)
3. وَإِذَا قِيلَ لَهُمُ ارْكَعُوا لا يَرْكَعُونَ وَيْلٌ يَوْمَئِذٍ لِلْمُكَذِّبِينَ
Dan apabila dikatakan kepada mereka: “Ruku’lah”, niscaya mereka tidak mau rukuk. Kecelakaan yang besarlah pada hari itu bagi orang-orang yang mendustakan.(Surat Al-Mursalat:48-49)

duhai ayah bunda, ketahuilah,
“Mereka hanya mengetahui yang lahir (saja) dari kehidupan dunia, sedang mereka tentang (kehidupan) akhirat adalah lalai” [Ar-Rum : 7]
Perhatikanlah sabda Nabi,
ألَا كُلُّكُمْ رَاعٍ وَ كُلُّكُمْ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ
“Ketahuilah, bahwa setiap kalian adalah pemimpin dan setiap pemimpin ditanya tentang pertanggung jawabannya”
Tidak malas beramal shalih dan menyegerakan diri dalam mengerjakan amal kebaikan maupun ketaatan.

bersumber:
1. http://almanhaj.or.id/content/3267/slash/0/agama-islam-adalah-agama-yang-haq-yang-dibawa-oleh-nabi-muhammad-shallallahu-alaihi-wa-sallam/
2. http://almanhaj.or.id/content/3082/slash/0/kejayaan-hanya-milik-islam/
3. http://almanhaj.or.id/content/2985/slash/0/pendidik-ideal/
4. http://almanhaj.or.id/content/2679/slash/0/pengaruh-lingkungan-terhadap-pendidikan-anak/
5. http://almanhaj.or.id/content/2444/slash/0/kemana-menyekolahkan-anak/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: