mister, ayahku tidak pernah sholat?

31 Jul

upsssss… (menghela nafas panjang) ketika memandang rak buku di toko salma yang menjual buku-buku Islam versi terjemahan dan ilmiah. Toko itu berada di seberang terminal terkenal di taman mini. iya, buku ber”color’ hijo itu mengatakan duhai ayahku, duhai bundaku ajari aku sholat. “ingatan”pun timbul kembali ketika pertanyaan seorang anak kecil berumur 6 tahun mengadukan “masalah besar” tentang perihal kejadian yang tidak biasa dilakukan seorang orang tua. Pertanyaan ini membuat saya terdiam dan mengapa pertanyaan itu muncul? mengapa pula “itu” keluar dari lisan anak kecil yang lugu? mengapa “itu” menjadi ketabuan anak kecil itu? mengapa sikecil itu berani menanyakan “itu” pada saya? mengapa wajahnya begitu serius menanyakan itu? mengapa….
jawaban yang pas untuknya cerita/kisah yang tertulis di AlQuran. kisah yang diabadikan antara nabi Ibrahim alaihisalam dan bapaknya di surat Maryam ayat 42-45 berbunyi:
Suatu ketika dia bertanya kepada bapaknya: “Hai bapakku! Mengapa engkau sembah sesuatu yang tidak mendengar, tidak melihat dan tidak dapat menolongmu sedikitpun?
Hai bapakku! Sesungguhnya aku ini punya ilmu yang tidak ada pada engkau. Karena itu ikutilah aku, nanti kutunjuki engkau suatu jalan pikiran yang lurus.
Hai bapakku! Janganlah engkau menyembah syaitan! Sesungguhnya setan itu sangat durhaka kepada Tuhan yang Maha Pengasih.
Hai, bapakku! Sesungguhnya aku kuatir, bahwa engkau akan ditimpa oleh siksaan Tuhan yang Maha Pengasih karena kemusyrikanmu, yang berakibat kamu menjadi kawan setan dalam neraka.
…….
wahai teman kecilku, ajaklah ayahmu sholat dengan kalimat yg baik…. rayulah …. berikan senyumanmu yg lucu…… berikan juga belaian tanganmu dan jarimu yang begitu halus utk ayahmu…. dan sabarlah wahai teman kecilku….. smoga dikau mendapatkan kebaikan di usiamu yang belum genap 6 tahun….

2 Responses to “mister, ayahku tidak pernah sholat?”

  1. zulfickar August 1, 2012 at 2:13 am #

    waaah zeiiinšŸ™‚ ana pasang di blog ana

  2. cumeonabawikamilan August 2, 2012 at 3:11 am #

    apanya zeiin… antum akh lbh gas’ah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: